Pengikut

Kamis, 13 Agustus 2020

Menulis Buku Seminggu dan Diterbitkan Penerbit Mayor? Ini Tips Cikgu Tere

 

Bismillahirrahmanirrahim

Bakat Menulis Atau Latihan Menulis? 

Pernah mendengar kalimat ini yang  mengatakan bahwa bakat yang dimiliki hanya memiliki andil sebanyak 1 persen dalam menentukan keberhasilan sesorang. Sisanya sebanyak 99 persen ditentukan oleh latihan-latihan yang dilakukan secara terus menerus. Jangan pernah berkecil hati bahwa kita tidak memiliki bakat. Senang melakukan sesuatu yang kemudian dikerjakan terus menerus. Maka apa yang dilakukan akan melekat dan menyatu dalam diri kita.

 Demikian pula dengan kegiatan tulis menulis. Kita boleh merasa hanya punya setengah, sedikit atau bahkan sama sekali tidak memiliki bakat dalam menulis. Namun bila dikerjakan terus menerus seperti yang Omjay bilang menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.

 

Hal ini terjadi pada seorang perempuan bernama Theresia Sri Rahayu. Saya langsung teringat Bu Kanjeng. Nama aslinya Sri Sugiastuti. Salah satu penulis hebat yang pernah saya bahas di tulisan sebelumnya.Namun kali kita hanya akan fokus ke satu nama yaitu Theresia Sri Rahayu. Ia biiasa dipanggil Cikgu Tere.Memiliki motto yaitu belajar, belajar dan belajar

 

Cikgu Tere lahir di Kuningan Jawa Barat tanggal 13 September 1984. Ia berkarir sebagai seorang guru di SDN Wahibur Kabupaten Sumba Tengah Nusa Tenggara Timur. Ia bukan seorang guru biasa. Banyak prestasi yang telah ditorehkan. Di dalam daftar yang dibagikan pada peserta pelatihan menulis gelombang 15 yang dipandu oleh Mr. Bams. Terdapat 17 prestasi mulai dari skala lokal, nasional bahkan internasional.

 

Berikut prestasi yang pernah diraih: Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Kecamatan Padalarang – Kabupaten Bandung Barat (2014) . Juara 2 Lomba Guru Berprestasi tingkat Kabupaten Bandung Barat (2014). Juara 3 Lomba Guru MIPA tingkat Kecamatan Padalarang (2014).

 

Juara 1 Olimpiade Guru Nasional tingkat Provinsi NTT (2018. Finalis Lomba Olimpiade Guru Nasional tingkat nasional (2018). Finalis Lomba Alat Peraga Matematika Sederhana tingkat nasional (2018).

 

Peserta Short Course ke Luar Negeri dalam Program 1000 Guru ke Luar Negeri (2019). 40 besar penerima dana hibah penelitian pada program Teaching Challenge (2019). Finalis Course on Developing Lesson Study for Primary Mathematics Teacher tingkat internasional (2019). Guru Inti Terbaik dalam Pembekalan Guru Inti Program PKP tingkat Provinsi NTT (2019). Peserta Terbaik dalam Bimtek UKS Regional Bali. Sahabat Rumah Belajar Provinsi NTT (2019). FinalisLomba Mathematics Teaching Learning Model (MTLM) tingkatinternasional (2019).   Kader Inti Gerakan Ajarmat / Ayo BelajarMatematika (2019).

 

Resume terbaik dari KSGN dan Pelatihan Belajar Menulis Bersama Om Jay (2020). Blogger inspiratif dari Ikatan Guru TIK PGRI dengan Penerbit Andi Yogyakarta  (2020). 35 selected participants of Advance Online Course SEAMEO Qitep in Mathematics (2020).

 

Salah satu prestasi yang dibahas dan berkaitan dengan pelatihan menulis gadalah keberhasilannya meraih resume terbaik tahun 2020. Kebrhasilannya ini yang menjadi pemicu langkah spektakuler berikutnya.

 

Pada salah satu sesi materi pelatihan menulis. Omjay menghadirkan narasumber Richardus Eko Indrajit. Beliau salah satu tokoh teknologi informasi dan juga seorang penulis. Beliau inilah yang memberikan tantangan kepada peserta pelatihan menulis termasuk Cikgu Tere. Untuk menulis buku dan menyelesaikannya dalam waktu seminggu.

 

Ini sebuah tantanngan yang sepertinya tidak mungkin. Karena rata-rata untuk sebuah buku paling tidak membutuhkan waktu sekitar sebulan. Seperti yang pernah saya lakukan. Atau 25 hari seperti yang dilakukan teman saya Nurhidayati. Teman sesama peserta pelatihan menulis di gelombang 15.

 

Tantangan menulis seminggu oleh Eko Indrajit dengan cara melelang topik. Peserta diminta untuk memilih topik dalam sebuah channel youtube miliknya yaitu ekoji channel. Channel ini melakukan live seminar hampir setiap hari dengan berbagai topik menarik.

 

Cikgu Tere menunjukkan ketertarikan tinggi pada tema ubiquitous learning. Apa itu ubiquitous learning? Ubiquitous learning adalah sebuah konsep belajar dimanapun, kapanpun, dan dengan apapun. Ubiquitous learning merupakan evolusi dari e-learning. E-learning adalah sebuah konsep pembelajaran jarak jauh dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyampaiannya.

 

Cikgu Tere mulai menyusun outline dan  secara intens mengkomunikasi perkembangan tulisannya melalui percakapan whatsapp dengan Prof Eko. Dalam masa pandemi Cikgu Tere tetap melakukan tugasnya mengajar. Ia tidak melakukan pembelajaran secara daring dengan siswanya. Infrastruktur yang kurang mendukung  seperti jaringan internet yang tidak bisa diakses secara merata. Cikgu Tere melakukan kunjungan langsung ke rumah siswa.

 

Naskah tulisan Cikgu Tere mengalami beberapa perubahan, perbaikan  dan penambahan konten. Hingga menjelang deadline pengumpulan naskah. Di sela-sela tugasnya mengajar dan melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga.

Keluarga dalam hal ini suaminya sangat mendukung kegiatan menulisnya. Terutama tulisannya yang rencana akan diselesaikan dalam kurun waktu seminggu. Suaminya bersedia dengan sukarela mengasuh dan mengajak bermain buah hatinnya ke luar rumah di saat Cikgu Tere sedang menulis.

 

Cikgu Tere juga memanfaatkan waktunya untuk menulis ketika suami dan anaknya sudah tidur. Ia turun dari tempat tidur untuk menulis. Sebelum beraktivitas di dapur. Cikgu Tere menyempatkan waktu untuk menulis.

 

Tepat seminggu Cikgu Tere akhirnya menyelesaikan bukunya. Ia mengirimkan naskah tulisannya ke penerbit mayor. Penerbit Andi di Yogyakarta. Setelah beberapa waktu Penerbit menyerahkan proof buku kembali ke penulis. Proof buku adalah naskah buku yang sudah dilayout, namun masih berupa lembaran yang belum dijilid. Untuk dikoreksi bila masih ada kesalahan.

 

Demikian Cikgu Tere mengisahkan bagaimana proses kreatif dan proses pelaksanaan teknis penyelesaian buku yang dibuat dalam waktu seminggu.

 

Tips dan Trik Menulis Seminggu

Cikgu Tere membagikan tips dan trik menulis seminggu terutama buku yang diberi judul Belajar Semudah Klik, yaitu:

1.      Menonton video dari channel Ekoji
2.      Menelusuri referensi di google terkait materi
3.      Membuat time schedule atau jadwal terkait berapa bagian atau halaman yang ditulis setiap hari.
4.      Kumpulkan referensi sebanyak mungkin
5.      Jauhkan gawai kecuali benar-benar dibutuhkan
6.      Menulis dulu lalu edit kemudian
7.      Kerjasama dengan keluarga1.

 

Terkait poin keenam, menulis dulu edit kemudian. Saya kembali mengutip kalimat Prof. Dr. Irwan Abdullah. Guru besar  Universitas Gajah Mada dalam Kajian virtual Ngaji Jurnal Artikel (5 Agustus 2020)  bahwa menulis dan mengedit merupakan dua kegiatan yang berbeda. Menulislah baru kemudian mengedit. Jangan menulis sambil mengedit.

 

Tips Menyusun Naskah Buk

Cikgu Tere juga dengan senang hati membagi  tips atau langkah-langkah dalam menyusun naskah buku, yaitu:

1.     Pilihlah tema yang sedang tren. Bisa dengan menggunakna google trend. Tujuannya untuk melihat kecenderungan ataupun minat masyarakat sebagai pasar buku kita. Jika kita bukan penulis terkenal maka pilihlah topik dengan baik.
2.      Kembangkan judul menjadi outline naskah. Minimal 5 bab karena mewakili rumus 5W +1H dari hal yang ingin diketahui orang tentang buku kita.
3.      Kembangkan naskah sesuai outline. Keuntungan outline adalah kita menulis sesuai dengan bahan yang tersedia. Tidak harus berurutan menulis perbab. Memungkinkan kita bisa loncat ke bab manapun yang kita mau selesaikan.

27 komentar:

  1. Terima kasih utk resume yg sangat baik ini. Saya yakin bhw Ibu adl penulis yg berbakat. Krn cara penuturan dlm tulisannya sangat enak dibaca dan mengalir begitu saja. Namun, ibarat sebuah pisau, bakat harus terus diasah agar tetap berguna. Tetap semangat menulis ya, Bu. Salam.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Sangat menginspirasi Omjay. Semoga bisa mengikuti jejaknya

      Hapus
  3. Keren Bu resume nya 👍👍👍

    BalasHapus
  4. Nice,saya sangat terinspirasi 🙏👍

    BalasHapus
  5. Mantap tulisannya kak Sri 👍👍👍

    BalasHapus
  6. Mari belajar menulis dari ck gu tere yg menginspirasi kita

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas sharingnya!! Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Bagus resume nya tertata dg baik ...keren mb

    BalasHapus
  9. Mari belajar menuis....Luar biasa cikgu Tere n terima kasih Ibu, sharingnya sangat bermanfaat, menginspirasi kita semua.👍👍👍

    BalasHapus
  10. Mantap Bu, resumenya plus artikel2 yg mendukung/memperjelas materi yg dibahas..👍

    BalasHapus

Rumus ABCD+T Menulis Buku Digital Mindset Seminggu

  Bismillahirrahmanirrahim Apa jadinya jika kita ditantang untuk menulis buku dalam waktu seminggu dan akan diterbitkan oleh penerbit mayor?...